Tutorial QGIS - Ini Dia Perbedaan Plugin OpenLayers dan QuickMap Service

Posted by Mas Petruk on 21:14 with No comments
Quantum GIS memiliki banyak plug in gratis yang cukup handal. Kaitannya dengan teknik menampilkan peta dasar (basemap) ada dua plug in yang sering digunakan yaitu OpenLayers dan QuickMapServices. Lalu apakah persamaan dan perbedaan diantara keduanya?

Persamaannya, keduanya menawarkan fitur penampilan peta dasar dari beberapa vendor penyedia citra satelit atau peta gratis. Keduanya sejauh ini juga memiliki kebijakan untuk tidak memperbolehkan user melakukan pengunduhan citra satelit atau peta yang disediakan oleh vendor.

Sebaliknya, keduanya memiliki perbedaan vendor yang disediakan. OpenLayers Plugin lebih popular karena lebih dahulu dipublikasi. Sampai dengan saat ini telah ada 679057 user yang mengunduh layanan ini. Sementara itu, QuickMapServices yang dipublikasikan belakangan, sampai dengan tulisan ini dibuat telah diunduh oleh 48182 user.


List layanan basemap yang dapat ditampilkan di jendela kerja Quantum GIS dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

List Ketersediaan Basemap pada OpenLayers Plugin

List Ketersediaan Basemap pada QuickMapServices Plugin

Layanan QuickMapServices di klaim merupakan perbaikan dari beberapa plugin yang telah dipublikasikan lebih dulu seperti OpenLayers, Tile Map Scale, dan TileLayer. Beberapa kelebihan sebagaimana dikutip dari sini, antara lain :
  1. Includes prepared list of services and you can add to the project in one click (as OpenLayers Plugin, but it uses webkit approach to add tiles which is not optimal).
  2. Doesn’t have problems with scaling labels on non-standard zoom levels (unlike Tile Map Scale Plugin, which uses universal GDAL driver that leads to problems with visualization and printing on non-standard zoom levels in QGIS).
  3. Uses tile access implementation with aliasing on non-standard zoom level (like TileLayer Plugin, but this plugin can’t add basemaps in one click).
  4. Is easily extendable by adding simple ini files.

Menurut penyedia layanan, apabila kita mengaktifkan plugin ini pada ArcGIS Server, maka kita dapat melakukan pengunduhan pada basemap yang tampil.

Ingin mengetahui bagaimana cara menampilkan basemap dengan masing-masing plugin? Kunjungi link Dua Langkah Tampilkan Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi Gratis bagi yang tertarik menggunakan OpenLayers Plugin, atau Cara Paling Mudah Menampilkan Peta Kontur ASTER GDEM di Quantum GIS. bagi yang lebih tertarik dengan QuickMapServices.

Catatan: QuickMapService telah menambahkan penyedia layanan basemap gratis dalam dropdown list mereka termasuk Bing, ESRI, Google, Waze dan masih banyak lainnya. Check this out : How to add services in QuickMapServices?